- 2024-07-13 11:16:03
- administrator
Sobat sehat, apabila dalam keadaan darurat pasien BPJS bisa langsung ke IGD meskipun tanpa rujukan. Instalasi Gawat Darurat merupakan salah satu unit pelayanan yang ada di RSUD R.T. Notopuro Sidoarjo yang melayani kegawatdaruratan medis selama 24 Jam.
Apa ajasih Fasilitas yang ada di IGD RSUD R.T. Notopuro Sidoarjo? π€
•Triase
• Zona Merah (Pasien level 1&2)
• Zona Kuning (Pasien level 3&4)
• Zona Hijau (Pasien level 5)
• Isolasi
•Tindakan Bedah
• Ruang Gangren
• Ruang Asma
•Dekontaminasi
•Ruang Psikiatri
• Command Center SEMeS
• Ruang Transit Mawar Pink
Bisa gak sih menggunakan BPJS ?
Bisaa dong. Kriteria Pasien Gawat darurat medis menurut peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2018 yaitu :
1. Mengancam nyawa
2. Adanya Gangguan pada jalan nafas, pernafasan, sirkulasi dan dehidrasi
3. Adanya penurunan kesadaran
4. Adanya gangguan hemodinamik
5. Memerlukan tindakan segera yang harus ditangani agar tidak terlewati golden periode (<6jam), apabila melewati akan menyebabkan kerusakan organ yang permanen atau kematian
6. Gejala psikotik akut/panic attack yang membahayakan atau kegawatdaruratan lain di bidang psikiatri
Penanganannya di IGD gimana sih ?ππ»π
jadi sobat sehat,
Respon penanganan di IGD berdasarkan *Tingkat Kegawatannya sesuai ESI LEVEL* *1-5* (Emergency Severity Index)
Penetuan Level 1-5 akan di cek di Triase IGD :
Level 1 & 2 : Gawat Darurat
Level 3 : Gawat Tidak Darurat
Level 4 : Darurat Tidak Gawat
Level 5 : Tidak Gawat Darurat
Apabila ada kejadian darurat medis dijalan, di rumah atau di manapun juga bisa menghubungi IGD kita melalui aplikasi *SEMeS (Sidoarjo Emergeny Medical Services)*
bisa menghubungi:
Nomor 031 99713119 π€³π»π₯
#rsudrtnotopurosda #profesionadanpeduli #pemkabsidoarjo #IGD #Semes